//Faktor Utama Datangnya Azab Allah

Faktor Utama Datangnya Azab Allah

Lembang(Hayaatunaa.com)-Dari sudut pandang islam, tidak ada musibah atau bencana yang menimpa apapun. Baik yang bersifat pribadi maupun kolektif manual, kecuali sangat terkait dengan prilaku dosa yang pernah dilakukan. Dalam kaitan ini Allah SWT berfirman : “Maka masing-masing (mereka itu) Kami siksa disebabkan dosanya, maka di antara mereka ada yang Kami timpakan kepadanya hujan batu kerikil dan di antara mereka ada yang ditimpa suara keras yang mengguntur, dan di antara mereka ada yang kami benamkan ke dalam bumi, dan di antara mereka ada yang Kami tenggelamkan. Dan Allah sekali-kali tidak hendak menganiaya mereka, akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri.” (QS. Al-ankabut : 40)

Dari ayat tersebut kita dapat mengambil pelajaran bahwa tidak ada bencana dan petaka yang menimpa, kecuali terkait erat dengan dosa yang dilakukan. Allah tidak mungkin menghukum seseorang atau sebuah masyarakat tanpa sebab, Allah tidak akan menimpakan petaka jika mereka berbuat kebaikan, menjadi manusia-manusia shaleh.

Allah menunjukkan contoh-contoh dari umat zaman dahulu sebelum islam. Kaum nabi Luth yang terkenal sebagai kaum homoseks dan lesbi pertama di dunia, mereka diazab dengan dihujani batu yang berasal dari lahar panas. Kemudian kaum nabi Nuh yang jelas menolak dakwah nabi Nuh ditenggelamkan dengan banjir bandang yang sangat dahsyat.

Kedua kisah tersebut dan kisah-kisah yang lainnya diungkap oleh Allah untuk menjadi bukti bahwa tidak ada satu masyarakat atau bangsa yang Alloh binasakan dengan bencana dan petaka tanpa sebab. Semuanya karena mereka telah zhalim kepada dirinya, dengan mengkhianati ilmu dan keyakinannya. Semua itu dikisahkan sebagi cermin atau ibrah dan pelajaran bagi kita semua.

Dosa-dosa besar yang diperbuat manusia, khususnya dosa syirik, menjadi variable utama pengundang turunnya azab Allah. Oleh karenanya, pantaslah kita sebagai insan yang mengerti akan ke-mahabenar-an Allah dengan firman-Nya haruslah sadar betul apa yang telah kita dan orang lain perbuat, apakah bangsa ini sudah berada didalam ‘koridor’ yang benar ataukah sebaliknya yang dapat mengundang petaka maha dahsyat seperti peristiwa-peristiwa yang sudah terjadi dimasa lampau, marilah muhasabah diri…

Wallahu’alam..

 

By: Ahmad Wandi

Editor: Zaenal Mutaqin