//ISTIFTA – Dakwah kepada yang Beragama

ISTIFTA – Dakwah kepada yang Beragama

Lembang – hayaatunaa.com

Soal:

Mengapa orang kristen tidak boleh membangun gereja di lingkungan muslim. Apa saran Anda agar Kristen dapat membangun gereja di Indonesia. Menurut Anda bolehkah orang Islam berdakwah kepada orang Kristen dan sebaliknya?

Jawab:

Hubungan muslim dan non muslim dalam Islam sudah ada sejak zaman Rasulullah SAW. Ketika beliau baru tinggal di Madinah, di sana sudah ada orang Islam dan masih ada orang yang beragama Yahudi. Untuk menciptakan kerukunan warga Madinah, beliau membuat perjanjian khususnya dengan kaum Yahudi. Di antara isi perjanjian itu tidak akan saling mengganggu kegiatan masing-masing. Tidak boleh memaksa orang lain untuk memeluk agamanya sesuai dengan firman Allah dalam Al-Quran,

لَا إِكْرَاهَ فِي الدِّينِ قَدْ تَبَيَّنَ الرُّشْدُ مِنَ الْغَيِّ فَمَنْ يَكْفُرْ بِالطَّاغُوتِ وَيُؤْمِنْ بِاللَّهِ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقَى لَا انْفِصَامَ لَهَا وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang salah. Karena itu, barang siapa yang ingkar kepada tagut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (QS Al-Baqarah : 256)

Thogut ialah setan dan apa saja yang disembah selain dari Allah SWT.

Demikian juga di Indonesia yang majemuk agama dan kepercayaannya, harus dibuat kesepakatan yang tidak merugikan pihak lain. Isi kesepakatan ini disesuaikan dengan kebutuhan yang terjadi di lapangan. Jika hendak mendirikan rumah ibadah, pasar, sekolah, kuburan, dan yang menghimpun orang banyak harus ada izin tetangga. Bukankah itu muamalah yang baik? Sangat tidak etis jika di lingkungan muslim di dirikan rumah ibadah nonmuslim. Demikian juga sebaliknya. Jika merasa tidak adil dengan perlakuan umat Islam yang tidak mengizinkan mendirikan gereja, di daerah mayoritas Kristen pun sangat sulit untuk mendirikan masjid. Sebaiknya orang-orang Kristen membuat lingkungan sendiri sehingga tidak ada pihak yang dirugikan, mereka bebas mendirikan gereja di lingkungannya.

Umat Islam Indonesia sebenarnya sudah cukup toleran terhadap umat lain. Padahal orang-orang Kristen selalu berdakwah kepada masyarakat Islam sejak dulu. Mereka bebas mendirikan gereja rumah sakit, panti asuhan, sekolah, dan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan lain melalui penjajahan. Sampai saat sekarang pun, di Indonesia orang-orang kristen sering berdakwah kepada ada orang-orang Islam yang lemah imannya dengan program pemurtadan. Mereka sering pura-pura menjadi muslim sebagaimana pengakuan seorang mantan pendeta yang masuk Islam.

Di dunia internasional pun, khususnya Amerika suka memerangi umat Islam dengan berbagai alasan dan selalu ikut campur dalam urusan negara orang lain. Tetapi saat muslim Palestina dibantai Yahudi, mereka diam. Bahkan secara tidak langsung mendukung kebiadaban zionis.

Dakwah dalam Islam adalah kewajiban yang dapat dilaksanakan oleh perorangan atau sekelompok orang (fardhu kifayah). Jika tidak ada yang berdakwah, maka dosa lah seluruh umat. Firman Allah,

وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَأُولئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

Dan hendaklah ada di antara kalian segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar; merekalah orang-orang yang beruntung. (QS Ali Imran : 104)

Khoir adalah amal yang menuntun jalan ke surga, seperti salat. Ma’ruf adalah segala perbuatan yang dinilai baik secara adat dan tidak bertentangan dengan syariat, seperti membungkukkan badan di depan orang tua. Munkar adalah perbuatan yang tidak baik menurut syariat.

Al-Quran memberi petunjuk Bagaimana caranya berdakwah:

ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ

Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik, dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu. Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesal dari jalan-Nya. dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS an-Nahl : 125)

Hikmah ialah perkataan yang tegas dan benar yang dapat membedakan antara yang hak dengan yang batil.

Di Indonesia, telah disepakati tidak boleh berdakwah kepada orang yang sudah beragama. Kami menyetujui Ketentuan tersebut. Tetapi jika Kristen tetap ingin menyebarkan agamanya di kalangan umat Islam tentunya jangan disalahkan jika timbul konflik. Lebih baik kita mengadakan dialog dalam rangka mencari kebenaran yang hakiki.

Sumber: Istifta Tanya Jawab Hukum Islam Kontemporer

Admin: Zaenal Mutaqin