//ISTIFTA – Hubungan Berburuk Sangka dengan Kesombongan

ISTIFTA – Hubungan Berburuk Sangka dengan Kesombongan

Lembang – hayaatunaa.com

Apakah selalu berburuk sangka itu adalah bagian dari kesombongan. Dan Apakah dengan kita selalu berbaik sangka akan menambah/memperkuat keimanan kita?

Mengenai buruk sangka atau “dhan”, difirmankan Allah SWT sebagai berikut:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اجْتَنِبُوْا كَثِيْرًا مِّنَ الظَّنِّۖ اِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ اِثْمٌ وَّلَا تَجَسَّسُوْا وَلَا يَغْتَبْ بَّعْضُكُمْ بَعْضًاۗ اَيُحِبُّ اَحَدُكُمْ اَنْ يَّأْكُلَ لَحْمَاَخِيْهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوْهُۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ تَوَّابٌ رَّحِيْمٌ

Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang. (QS Al-Hujurat: 12)

Berdasarkan ayat ini jelas sekali bahwa berburuk sangka itu termasuk dosa. Selanjutnya Imam Al Bukhari ketika memuat ayat tersebut ia mencantumkan hadis sebagai berikut:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ رَسُوْلَ اللَّهِ ص قَالَ: إِيَّاكُمْ وَالظَّنَّ فَإِنَّ الظَّنَّ أَكْذَبُ الْحَدِيْثِ

Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah SAW telah bersabda, ” hindarilah berburuk sangka karena sesungguhnya berburuk sangka itu sedusta dustanya omongan… “(Shahih al-bukhari, XV: 278. No. 6066)

Pada hadits ini dinyatakan oleh Rasulullah SAW bahwa buruk sangka Itu sudah merupakan dusta. Jadi jika telah mengetahui hal tersebut maka masih melakukannya merupakan suatu kedurhakaan dan tentu saja termasuk kesombongan. Akan tetapi sebaliknya senantiasa berusaha berbuat berbaik sangka dan memelihara diri dari hal yang akan memposisikan orang untuk berbaik sangka itu salah satu cara memelihara keimanan.

Sumber : Istifta Tanya Jawab Hukum Islam Kontemporer

Admin: Zaenal Mutaqin