//ISTIFTA – Khawatir Su’ul Khotimah karena Banyak Dosa

ISTIFTA – Khawatir Su’ul Khotimah karena Banyak Dosa

Lembang – hayaatunaa.com

Soal:

Dahulu saya suka mabuk, bertato, dan maksiat lainnya. Sekarang saya mulai insaf. Baru-baru ini saya ingat mati terus, saya takut karena katanya sakitnya amat sangat dan takut mati su’ul khotimah.

Jawab:

Allah SWT menegaskan bahwa siapa yang bertaubat dari perbuatannya yang telah lalu dengan beriman dan beramal sholeh, maka akan diampuni dosa-dosanya.

Dalam firman-Nya dijelaskan:

فَخَلَفَ مِنْۢ بَعْدِهِمْ خَلْفٌ اَضَاعُوا الصَّلٰوةَ وَاتَّبَعُوا الشَّهَوٰتِ فَسَوْفَ يَلْقَوْنَ غَيًّا ۙاِلَّا مَنْ تَابَ وَاٰمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًا فَاُولٰۤىِٕكَ يَدْخُلُوْنَ الْجَنَّةَ وَلَا يُظْلَمُوْنَ شَيْـًٔا ۙ

“Kemudian datanglah setelah mereka pengganti yang mengabaikan salat dan mengikuti keinginannya, maka mereka kelak akan tersesat. Kecuali orang yang bertobat, beriman dan mengerjakan kebajikan, maka mereka itu akan masuk surga dan tidak dizalimi (dirugikan) sedikit pun”. (QS Maryam : 59-60)

Berdasarkan ayat ini anda harus meyakinkan dan memastikan diri bahwa taubat anda tidak main-main. Artinya, tidak ada maksiat yang dilakukan dahulu, dilakukan lagi saat ini. Bahkan, Anda harus telah menggantinya dengan amal soleh. Jadi, tidak ada lagi yang perlu dikhawatirkan bila anda benar-benar telah bertaubat. Insya Allah.

Sumber: Istifta Tanya Jawab Hukum Islam Kontemporer

Admin: Zaenal Mutaqin