//ISTIFTA – Masuk Surga Dengan Merangkak

ISTIFTA – Masuk Surga Dengan Merangkak

Lembang – hayaatunaa.com

Soal:

Benarkah Abdurrahman bin Auf akan masuk surga dengan merangkak. Apa maksudnya?

Jawab:

Mengenai hal ini didapatkan dalam hadis sebagai berikut:

عَنْ أَنَسٍ قَالَ بَيْنَمَا عَائِشَةُ فِى بَيْتِهَا إِذْ سَمِعَتْ صَوْتاً فِى الْمَدِينَةِ فَقَالَتْ مَا هَذَا قَالُوا عِيرٌ لِعَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْفٍ قَدِمَتْ مِنَ الشَّامِ تَحْمِلُ مِنْ كُلِّ شَىْءٍ. قَالَ فَكَانَتْ سَبْعَمِائَةِ بَعِيرٍ – قَالَ – فَارْتَجَّتِ الْمَدِينَةُ مِنَ الصَوْتِ فَقَالَتْ عَائِشَةُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « قَدْ رَأَيْتُ عَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ عَوْفٍ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ حَبْواً ». فَبَلَغَ ذَلِكَ عَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ عَوْفٍ فَقَالَ إِنِ اسْتَطَعْتُ لأَدْخُلَنَّهَا قَائِماً . فَجَعَلَهَا بِأَقْتَابِهَا وَأَحْمَالِهَا فِى سَبِيلِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ

Dari Anas, ia berkata: tatkala Aisyah sedang di rumahnya, tiba-tiba ia mendengar suara di Madinah. Ia berkata: “Suara apakah itu?” Mereka menjawab: “barang hasil Niaga milik Abdurrahman bin Auf yang datang dari Syam membawa segala sesuatu”. Ia berkata: “ternyata itu terdiri dari 700 unta. Maka berguncanglah Madinah disebabkan suara itu “. Aisyah berkata: saya mendengar Rasulullah SAW bersabda:” Sungguh saya telah melihat Abdurrahman bin Auf masuk surga dengan merangkak “. Hal itu sampai kepada Abdurrahman bin Auf. Maka ia berkata:” jika aku mampu tentu akan masuk surga dengan berdiri/berjalan. “Lalu ia menjadikan Hasil niaganya tersebut diinfakkan fii sabilillah. (Musnad Ahmad bin Hanbal VI :115, No. 24886, al-Mu’jamul Kabir I : 129, No. 264, Musnad al-Bazzar II : 319 No. 6899)

Demikianlah dikisahkan oleh Anas bin Malik mengenai peristiwa dan sabda Rasulullah SAW yang disampaikan oleh Aisyah bahwa Abdurrahman bin Auf masuk surga dengan merangkak. Secara langsung dalam hadits ini tidak diterangkan oleh Rasul saw apa sebab dan maksudnya. Tetapi yang jelas, melalui wahyu diperlihatkan kepada Rasulullah SAW bahwa Abdurrahman bin Auf itu pasti akan masuk surga. Namun, secara tersirat diketahui bahwa sabda Rasul Saw yang menyebutkan Abdurrahman bin Auf akan masuk surga dengan merangkak karena terlalu banyak hartanya. Banyak harta berarti akan sangat lama dihisabnya, sebagaimana dijelaskan hadits lainnya. Maka dari itu, Abdurrahman bin Auf yang sangat paham terhadap sabda Nabi SAW tersebut kemudian bertekad untuk masuk surga dengan berdiri/berjalan, maka ia pun banyak menginfakkannya dijalan Allah SWT.

Sumber: Istifta Tanya Jawab Hukum Islam Kontemporer

Admin: Zaenal Mutaqin