//ISTIFTA – Pahala Ibadah Selain dari Niat dan Sesuai Syariat

ISTIFTA – Pahala Ibadah Selain dari Niat dan Sesuai Syariat

Lembang – hayaatunaa.com

Soal:

Ada yang menerangkan bahwa nilai ibadah, selain dari niat yang benar dan sesuai syariat (sunnah) juga dari “tingkat kesulitannya” kita untuk melakukan amal ibadah tersebut?

Jawab:

Selain senantiasa membersihkan niat agar ikhlas karena Allah SWT dan terus-menerus mempelajari Al-Quran dan As-Sunnah merupakan jihad dalam beribadah kepada Allah SWT. Selanjutnya, dalam beribadah seringkali dihadapkan kepada tantangan dan rintangan, maka menghadapi dan terus berusaha agar dapat beribadah dengan benar itu merupakan jihad yang teramat tinggi nilainya di hadapan Allah SWT.

Dengan demikian, setiap jihad memiliki nilai dihadapan Allah SWT. Akan tetapi apabila suatu ketika dihadapkan kepada pilihan antara yang ringan dan yang berat dari suatu ibadah, Nabi SAW akan melilih dan menganjurkan untuk yang lebih ringan pekerjaannya. Oleh karena itu yang dimaksud tingkat kesulitan itu bukan sengaja mencari-cari kesulitan atau memilih yang paling sulit, tetapi berusaha dengan ikhlas menghadapi setiap kesulitan dalam ibadah kepada Allah SWT itulah inti niatnya.

Sumber : Istifta Tanya Jawab Hukum Islam Kontemporer

Admin: Zaenal Mutaqin